Sunday, January 31, 2016

Istilah Perbankan I

(source: Peraturan Otoritas Jasa Keuangan, Peraturan Bank Indonesia, www.investopedia.com, www.mediabpr.com, dll)

 

dana bersih
pos-pos dalam Laporan Posisi Keuangan yang sudah melalui proses netting atau diselisihkan. Misal: Aset Antar Kantor dengan Kewajiban Antar Kantor.

transfer pricing
Penentuan harga dari suatu barang atau jasa antar entitas hukum dalam suatu konglomerasi keuangan. Misal: bila suatu anak perusahaan menjual produk ke perusahaan induk, maka biaya  yang dibayarkan atas produk tersebut dari perusahaan induk ke perusahaan anak adalah transfer Price.

bank kustodian (custodian bank)
lembaga keuangan yang bertanggung jawab menyimpan dan menjaga berbagai aset perusahaan investasi. Aset dapat mencakup semua jenis sekuritas termasuk saham atau obligasi, serta aset seperti perhiasan atau barang berharga lainnya.

'Quote' atau quotation

1.    Harga terakhir di mana sebuah sekuritas atau komoditas di perdagangkan (trading).

2.    Harga terakhir yang disepakati penjual dan pembeli atas suatu aset yang di perjualbelikan

3.    Kuantitas dan harga  terkini di mana sebuah saham dapat dijual atau beli.

 

country atau sovereign Risk
risiko yang terjadi bila pelunasan kembali pinjaman kepada foreign lenders atau investors terkendali (investor atau kreditur asing) oleh adanya pembatasan (restictions) intervensi atau pun campur tangan (interference) dariforeign goverments.

Nilai Nominal (Face Value)
Nilai pokok obligasi yang akan diterima oleh pemegang obligasi pada saat obligasi tersebut jatuh tempo. 

Recurring Revenue (pendapatan berulang)

Porsi dari pendapatan perusahaan yang sangat mungkin untuk berlanjut di masa depan. Selain itu, pendapatan jenis ini bersifat predictable (dapat diprediksi), stabil, dan dapat diandalkan dimasa depan dengan tingkat kepastian yang tinggi.

 

Bifurcation ( bifurkasi)

Pembelahan atau pemgian dari suatu obyek menjadi 2 unit terpisah yang lebih kecil.


INSTRUMEN CAMPURAN (STRUCTURED TRANSACTION)
Instrumen campuran atau instrumen gabungan adalah instrumen yang terdiri dari kontrak utama (host contract) dan komponen derivatif melekat (embedded derivative). Untuk pelaporan akuntansi, perlu dilakukan Bifurcation Test.  Jika suatu instrumen campuran tidak harus di bifurcate, maka hanya kontrak utama yang akan dicatat dalam pembukuan.  Jika suatu instrumen campuran harus di bifurcate, maka kontrak utama dan derivatif  akan dicatat dalam pembukuan.

 

The notional value

Total nominal dari suatu underlying asset (aset yang mendasarinya) atas suatu sekuritas pada harga sport-nya. Notional value membedakan antara nominal dana yang diinvestasikan dan nominal yang terkait dengan transaksi secara keseluruhan. Notional value didapat dengan mengalikan unit-unit dalam suatu kontrak dengan atau berdasarkan harga spot-nya..

 

Jurnal Pembalik/Reversing Entry (dalam siklus akuntansi)

jurnal pembalik adalah ayat jurnal yang disusun saat awal periode akuntansi yang baru untuk membalik akun jurnal penyesuaian tertentu. Tidak seluruh jurnal penyesuaian perlu dibuatkan jurnal pembalik. ayat jurnal ini dibutuhkan agar terhindar dari kesalahan pencatatan ketika awal periode akuntansi yang baru.Jurnal Pembalik ini sifatnya opsional. dilakukan jika dirasa perlu.


Structured Product
bentuk produk keuangan non konvensional yang merupakan penggabungan antara dua atau lebih instrumen keuangan, berupa instrumen keuangan non-derivatif dan derivatif atau derivatif dan derivatif. Dengan kata lain, suatu produk yang ada tambahan komponen derivatif-nya

'Line Of Credit – LOC
Suatu bentuk pengaturan antara Bank dengan nasabah yang mengakibatkan adanya saldo pinjaman maksimum yang diizinkan oleh Bank untuk dipelihara nasabah tersebut. Debitur/nasabah tersebut dapat menarik dana terkait kredit tersebut kapan saja selama tidak melebihi batas maksimum dalam perjanjian. Hal semacam ini biasa terjadi dalam cerukan atau kartu kredit.

Custodian (kustodian)
Institusi keuangan yang menyimpan sekuritas nasabah demi keamanan (untuk meminimalisir risiko pencurian atau kehilangan. Kustodian menyimpan sekuritas dan aset lainnya dalam bentuk fisik maupun elektronik. Karena kustodian bertanggung jawab atas keamanan atas aset dan sekuritas yanng bernilai besar, biasanya kustodian merupakan tergolong badan hukum yang besar dan bonafide.

PDN (Net Open Position atau NOP)

Selisih bersih antara Aktiva dan Pasiva dalam neraca (on balance sheet) untuk setiap valuta asing, ditambah dengan selisih bersih tagihan dan kewajiban, baik yang merupakan komitmen maupun kontinjensi dalam rekening administratif (off balance sheet) untuk setiap valuta asing, yang semuanya dinyatakan dalam Rupiah (equivalen Rupiah untuk setiap valuta asing).

 

Nota Keterangan

surat keterangan yang menyatakan tentang suatu keadaan berdasarkan perjanjian tertentu; misalnya, dalam perjanjian kredit, sertifikat tanah milik debitur dikuasai oleh notaris dalam rangka proses balik nama; apabila bank setuju, dapat dibuat nota keterangan (cover note) tentang hal tersebut.


Pengertian Arbitrase Valuta Asing


Arbitrase atau arbitrage didefinisikan sebagai aktivitas pembelian atau penjualan suatu komoditi atau produk termasuk valuta asing di suatu tempat pada saat yang sama menjual atau membeli komoditi tersebut di tempat lain dengan tingkat harga yang lebih menguntungkan. Untuk  valuta asing, Arbitrase timbul karena adanya perbedaan tingkat kurs pada mata uang yang sama di beberapa tempat yang berbeda, seperti pada bank atau dealer yang berbeda. Aktivitas  arbitrase pada akhirnya akan menyebabkan tingkat kurs menjadi sama di berbagai tempat.

No comments:

Post a Comment