Wednesday, November 25, 2015

Analisis Laporan Keuangan Dasar I

Analisis Keuangan adalah proses mengevaluasi pengambilan keputusan dengan menggunakan informasi keuangan dan informasi terkait lainnya. Adapun analisis keuangan bukanlah evaluasi akhir, melainkan indikator awal mengenai kinerja bank bersangkutan.


Analisis Laporan Keuangan Perhitungan rasio-rasio analitis dari laporan keuangan dan interpretasi rasio-rasio ini untuk menentukan trend yang terjadi sebagai basis dalam pengambilan keputusan manajemen. Adapun analisis laporan keuangan adalah bagian dari analisis keuangan.

Salah satu cara yang umum digunakan dalam analisis laporan keuangan adalah Analisis Standar yang dibagi menjadi 4 macam:
        Analisis horizontal
        Analisis trend
        Analisis vertikal dan common-size
        Analisis rasio keuangan


Analisis horizontal adalah menyatakan nilai nominal suatu komponen dalam bentuk persentase dari nilai nominal beberapa periode sebelumnya.

Contoh 1:
Kita dapat melihat pada contoh bahwa terdapat perbandingan antara suatu periode (Des 2002) dengan periode yang lain (Des 2003). Analisis horizontal juga menunjukan perubahan pada kedua periode tersebut baik secara nominal maupun persentase.

Contoh 2:

Terdapat perbedaan pada analisis horizontal pada Laporan Posisi Keuangan (sebelumnya disebut “Neraca”) dan Laporan Laba Rugi Komprehensif (sebelumnya disebut “Laporan Laba Rugi” saja). Dalam Laporan Posisi keuangan, perbandingan antar periode dapat lebih bervariasi (interval per bulan, triwulan, atau tahunan). Hal demikian tidak dapat dilakukan pada Laporan Laba Rugi Komprehensif di mana beberapa pos nya merupakan akumulasi dari bulan-bulan sebelum nya pada tahun yang bersangkutan.

contoh:
“Pos Laba (Rugi) Operasional Januari 2015” merupakan jumlah laba atau rugi yang didapat pada bulan Januari 2015.

“Pos Laba (Rugi) Operasional  April 2015” merupakan jumlah laba atau rugi yang didapat pada bulan Januari 2015, Februari 2015, Maret 2015, dan April 2015 (akumulasi).

Umumnya agar kedua pos pada periode yang berbeda tersebut dapat dibandingkan, kedua pos tersebut perlu “disetahunkan” terlebih dahulu.

No comments:

Post a Comment