Wednesday, November 25, 2015

Analisis Laporan Keuangan Dasar II

Analisis vertikal menekankan struktur keuangan antar komponen laporan keuangan pada periode tertentu. Analisis vertikal membandingkan kinerja perusahaan terhadap diri sendiri.


Contoh analisis vertikal 1:


Contoh Analisis Vertikal 2:

Analisis common-size adalah turunan dari analisis vertikal yang berguna dalam membandingkan data dari bank yang berbeda.

Contoh analisi Common size:
Sebagai contoh pada tahun 2003, kredit yang diberikan Bank XYZ mencapai Rp 9,8 triliun, sedangkan kredit yang diberikan Bank ABC hanya mencapai Rp. 3,7 Triliun. Perbandingan ini dapat mengakibatkan analisis yang dilakukan menjadi bias karena membandingkan dua bank dengan ukuran (size) yang berbeda.
Kredit yang diberikan Bank XYZ tahun 2003 dinyatakan dalam bentuk persentase dari total aktiva yaitu 42,18%, dan kredit yang diberikan Bank ABC hanya 28,79% daro total aktiva. Dalam analisis ini, pada tahun 2003 kinerja Bank XYZ lebih baik dibandingkan kinerja Bank ABC.

Analisis Trend adalah turunan dari analisis horizontal dan vertikal. Dalam metode analisis ini, beberapa periode dibandingkan dengan fokus pada pergerakan pada komponen-komponennya, bukan nominal.
Contoh analisis trend:
Neraca Bank XYZ

Periode Juli 2015 digunakan sebagai periode dasar dan jumlahnya dinyatakan dalam 100%.
Trend % = Nilai Komponen (Rp) ÷ Nilai Tahun Dasar (Rp)

No comments:

Post a Comment